Hindari Aktivitas Bersama

Sabtu, 26 Juni 2021 16:32 WIB

Share
Hindari Aktivitas Bersama
Ilustrasi "Sental-sentil". /Dok. Pos Kota/Kartunis Ucha

Dengan berkurangnya mobilitas berarti pula akan mengurangi intensitas interaksi antar-manusia. Sementara kita tahu, penularan virus corona dan varian barunya terjadi karena adanya interaksi antar-manusia.

Bisa melalui sentuhan, jabat tangan, droplet atau benda- benda yang dipegang bersama, sementara benda itu telah terkontaminasi virus.

Intinya aktivitas bersama-sama seperti berkerumun, nongkrong-nongkrong, makan bersama, nyanyi bareng lebih riskan tertular virus.

Sebab, dalam aktivitas tersebut suatu saat harus membuka masker, baik karena berbicara atau makan bersama.

Kasus hajatan, halal bihalal dan makan bareng usai kerja bakti yang berujung kepada munculnya klaster baru, menjadi bukti bahwa lepas masker terlalu lama dalam sebuah kerumunan berpotensi terjadinya penularan.

Karenanya sebaiknya menghindari aktivitas bersama yang memungkinkan suatu saat harus lepas masker.

Kalau pun terpaksa harus bertemu, cari ruang terbuka, banyak sirkulasi udara. Meski ini pun belum menjadi jaminan, tetapi setidaknya mengurangi risiko penularan.

Intinya kita sendiri yang lebih tahu aktivitas seperti apa yang lebih minim risiko, tempat seperti apa yang harus dijauhi, daerah mana saja yang sementara waktu tidak perlu dikunjungi.

Memakai masker menjadi wajib. Jangan lengah untuk  menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjauhi kerumunan.Jangan lupa pula

membatasi mobilitas dan interaksi. Semoga tetap sehat.

Halaman
Reporter: Admin Info Bumn
Editor: Admin Info Bumn
Sumber: Pos Kota
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar