Begini Peran Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Kondisi Krisis Menurut Menkeu Sri Mulyani

Selasa, 29 Juni 2021 16:27 WIB

Share
Begini Peran Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Kondisi Krisis Menurut Menkeu Sri Mulyani
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. /Instagram.com/@smindrawati

INFO BUMN - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan ekonomi dan keuangan syariah memiliki peran yang semakin penting dalam perekonomian nasional, terutama dalam kondisi krisis. 

Untuk itu katanya, momen tersebut  harus dimanfaatkan.

Dalam rangka memulihkan ekonomi nasional, ekonomi syariah jadi salah satu pilar utama penopang pemulihan ekonomi. 

"Tidak hanya untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi, namun juga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkeadilan dan sesuai dengan prinsip berkelanjutan," katanya dalam peluncuran Buku Teks Ekonomi Syariah secara  virtual, Selasa 29 Juni 2021.

Sri Mulyani mengatakan, nilai-nilai ekonomi syariah dapat mendorong ekonomi nasional yang adil dan merata di seluruh aspek terutama pada sektor pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan ekonomi yang inklusif.

Menkeu menyebut, mekanisme redistribusi syariah adalah sistem jaring pengaman sosial yang secara fundamental Islam mengajarkan untuk selalu peduli dan memberikan perhatian terutama kepada kelompok tidak mampu dan rentan.

Sebab, hal ini sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan sesuai dengan desain kebijakan pemerintah untuk membangun jaring pengaman sosial melalui berbagai program bantuan sosial.

Ia menjelaskan program jaring pengaman sosial dilakukan untuk meningkatkan kemampuan

kelompok lemah, miskin, dan rentan agar mereka mampu mengejar ketertinggalan. Demikian dikutip INFO BUMN dari Pos Kota.

"Ini juga memperkuat ketahanan sosial dan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar