Penuhi Kebutuhan Smelter di Sultra, PLN Percepat Proyek SUTT 150kV Kendari-Kasipute

Selasa, 29 Juni 2021 15:00 WIB

Share
Penuhi Kebutuhan Smelter di Sultra, PLN Percepat Proyek SUTT 150kV Kendari-Kasipute
UIP Sulawesi mempercepat pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 Kilovolt (kV) Kendari – Andoolo – Kasipute. /Dok. Bumn.go.id

INFO BUMN - PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi mempercepat pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 Kilovolt (kV) Kendari – Andoolo – Kasipute.

Proyek infrastruktur kelistrikan ini dibangun untuk memperkuat  pasokan listrik di Sulawesi Tenggara (Sultra), terutama untuk memenuhi kebutuhan industri smelter

Pembangunan jaringan transmisi ini ditargetkan bakal beroperasi pada semester I 2021.

SUTT ini menghubungkan antara Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Bombana. 

“Secara keseluruhan progres pekerjaan SUTT 150 kV Kendari – Andoolo – Kasipute ini telah mencapai 82% dan Insya Allah jika tidak ada halangan sudah dapat beroperasi pada semester pertama tahun 2022,” ujar Defiar Anis, General Manager UIP Sulawesi. 

Pembangunan SUTT 150 kV Kendari–Andoolo –Kasipute memiliki bentangan kabel sepanjang 264 kilometer sirkuit (kms) dengan jumlah menara sebanyak 410 tower serta meghubungkan 3 gardu induk (GI). 

GI 150 kV Kendari yang telah beroperasi, GI 150 kV Andoolo dan GI 150 kV Kasipute yang sementara dalam tahap konstruksi.  

Terdapat penambahan kapasitas Trafo pada GI yang sedang dalam tahap konstruksi sebesar 60 Mega Volt Ampere (MVA). 

Anis mengatakan, saat ini aliran listrik di Kabupaten Bombana masih menggunakan PLTD Isolated.

Sedangkan Kecamatan Andolo terinterkoneksi dengan sistem Sulbagsel, yang menggunakan jaringan tegangan menengah (JTM) 20 kV. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar