Banjarmasin Segera Punya Jembatan Lengkung Pertama di Indonesia

Kamis, 19 Agustus 2021 15:26 WIB

Share
Banjarmasin Segera Punya Jembatan Lengkung Pertama di Indonesia
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina meninjau progres pembangunan Jembatan Alalak. /Dok. Bumn.go.id

INFO BUMN - Kota Banjarmasin , Kalimantan Selatan (Kalsel) tak lama lagi memiliki jembatan lengkung pertama di Indonesia.

Jembatan itu bernama Jembatan Sei Alalak yang menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina sebagaimana dilansir Kompas.com, mengatakan bahwa Jembatan Sei Alalak ditargetkan selesai pada medio September 2021.

"Saya berharap ini sesuai dengan rencana akan selesai nanti tanggal 15 September 2021," ujar Ibnu Sina usai meninjau progres pembangunan Jembatan Alalak belum lama ini.

Lebih lanjut Ibnu juga berujar, Jembatan Sei Alalak nantinya akan menjadi ikon baru Kota Banjarmasin sekaligus menjadi menjadi salah satu destinasi wisata untuk wisatawan yang menggemari susur sungai.

Selain itu, dengan pemanfaatan dan perawatan yang, hadirnya jembatan ini juga diprediksi bisa memberikan banyak multiplier effect  keekonomian yang lain.

Oleh karena itu, orang pertama di Banjarmasin ini berharap agar Pemkot Banjarmasin, Pemkab Barito Kuala dan Pemprov Kalsel dapat bersinergi untuk sama-sama menjaga keberlangsungan Jembatan Alalak.

"Kemudian kita rawat sama-sama agar konstruksi ini bisa bertahan, kalau dalam perencanaan sampai 100 tahun saya kira itu," jelas Ibnu.

Sebagai Informasi, jembatan Sei Alalak dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia 30 tahun dan menjadi jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Proyek pembangunan jembatan ditangani oleh Konsorsium PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. [WIKA] - PT Pandji.

Halaman
1 2
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar