PTPP Selesaikan Pembangunan RS Modular di Papua

Kamis, 7 Oktober 2021 08:53 WIB

Share
PTPP Selesaikan Pembangunan RS Modular di Papua
Acara Peresmian RS Modular Jenderal TNI Moerdani di Papua. /Dok. Bumn.go.id

INFO BUMN - PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka, terdepan, dan terbesar di Indonesia (“PTPP”) telah berhasil menyelesaikan pembangunan RS Modular Jenderal TNI Moerdani di Papua.

RS tersebut diresmikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada hari Minggu (03/10) di Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Acara peresmian tersebut turut dihadiri secara langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, SVP Divisi Gedung Andek Prabowo, dan para pejabat lainnya. Acara peresmian tersebut dilaksanakan di lokasi proyek dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Proyek pembangunan RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani yang berlokasi di Kabupaten Merauke ini diselesaikan hanya dalam kurun waktu 28 (dua puluh delapan) hari saja. Proyek yang dimiliki oleh Kementerian Pertahanan RI ini dimulai sejak awal September 2021 dan dapat diselesaikan pada awal Oktober 2021 dengan tetap mengedepankan kualitas hasil pekerjaan PTPP."

"Adapun lingkup pembangunan proyek tersebut, meliputi antara lain: pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan mekanikal, pekerjaan elektrikal, pekerjaan elektronik, pekerjaan medis (pekerjaan gas medis, bed head, nurse call, dan ventilator), pengadaan alat kesehatan, dan pekerjaan landscape. RS tersebut memiliki total kapasitas tempat tidur sebanyak 201 (dua ratus satu) tempat tidur. Dengan telah selesainya pembangunan proyek tersebut, kami berharap RS Modular dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ujar Novel Arsyad selaku Direktur Utama PTPP.  

RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari ruang rawat inap, radiologi, dan farmasi. Tidak hanya itu, di RS tersebut juga terdapat ruang karantina, laboraturium, Instalasi Gawat Darurat (“IGD”), dan ruang operasi.

Dalam sambutannya di acara peresemian tersebut, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa RS Modular Jenderal TNI LB Moerdani dapat dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan dan pasca Pekan Olahraga Nasional (“PON”) XX Papua.

“Karena kasus Covid-19 sekarang ini sudah menurun, sudah melandai, ini juga selain mendukung pelaksanaan PON XX di Papua, nanti juga bisa dimanfaatkan pasca-PON melayani seluruh masyarakat yang ada,” ujar Jokowi.

"Ini sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan-penanganan masyarakat yang sakit dengan pelayanan kesehatan yang cepat dan mudah dan terjangkau."

"Saya berpesan agar Rumah Sakit ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan nyaman,” katanya, dikutip INFO BUMN dari laman resmi Kementerian BUMN.

Reporter: Admin Info Bumn
Editor: Admin Info Bumn
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar