Kapal Perang Landing Platform Dock Buatan PT PAL Indonesia Dipesan Ulang oleh Filipina

Senin, 4 Juli 2022 16:13 WIB

Share
Kapal Perang Landing Platform Dock Buatan PT PAL Indonesia Dipesan Ulang oleh Filipina
Iluattasi kapal Strategic Sealift Vessel (SSV). (Dok. PT PAL Indonesia)

INFO BUMN - Filipina resmi memesan kembali kapal perang Landing Platform Dock (LPD) buatan Indonesia dan ini menjadi pesanan kedua dari negara tersebut.

Dikutip dari laman resmi PT PAL Indonesia, Minggu 3 Juli 2022, PT PAL Indonesia mengirimkan dua unit kapal SSV kepada AL Filipina pada 2016 dan 2017.

BRP Tarlac-601 dikirim pada 2016, dan BRP Davao Del Sur-602 setahun setelahnya.

Kemudian pada pertengahan 2022, Departemen Pertahanan Filipina kembalimemilih PT PAL Indonesia sebagai penyedia proyek Landing Dock melalui Notice of Award (NoA), pada Jumat 10 Juni 2022.

Hal ini dikarenakan, kepuasan pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian dua unit LPD atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang diserahterimakan PT PAL sekitar lima tahun lalu.

Nah, dua kapal LPD baru yang dipesan Filipina kemungkinan besar spesifikasinya tak jauh berbeda dengan sebelumnya.

Rencananya, kapal LPD ini memiliki dimensi panjang 123 meter, tinggi 21 meter, dengan berat sebesar 7.200 ton serta memiliki cruising endurance selama 30 hari.

Dalam keterangannya, PT PAL Indonesia juga menjelaskan, pengadaan kapal Landing Dock (LD) kali ini mengakomodasi penyesuaian kebutuhan dari Department of National Defense (DND) Filipina, dengan perubahan minor pada platform kapal.

Nantinya, kapal LD ini diharapkan siap bertugas hingga sea state 6 serta kapabilitas pengoperasian perlengkapan fasilitas kapal pada sea state 4. ***

Reporter: Admin Info Bumn
Editor: Admin Info Bumn
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar