Dugaan Penyalahgunaan Dana Lembaga Aksi Cepat Tanggap, Bareskrim Segera Gelar Perkara

Selasa, 12 Juli 2022 13:47 WIB

Share
Dugaan Penyalahgunaan Dana Lembaga Aksi Cepat Tanggap, Bareskrim Segera Gelar Perkara
Bareskrim Polri Segera Gelar Perkara Dugaan Penyalahgunaan Dana ACT. (Dok. Act.id)

INFO BUMN - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus penyalahgunaan dana di Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Gelar perkara dilaksanakan dalam waktu dekat

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Nurul Azizah mengatakan gelar perkara ini guna meningkatkan status dari penyelidikan ke penyidikan.

"Rencananya akan dilaksanakan gelar perkara untuk menentukan apakah sudah cukup atau tidak menaikkan status perkara menjadi ke tingkat penyidikan," jelas Nurul Azizah kepada wartawan, Senin 11 Juli 2022.

Lebih lanjut Nurul mengungkapkan perkembangan penyelidikan kasus tersebut.

Menurut dia, penyidik telah memeriksa empat saksi di antaranya mantan pendiri ACT Ahyudin, Presiden ACT Ibnu Khajar, manajer operasional, serta bagian keuangan.

Selain itu, lanjut Nurul, penyidik melakukan audit keuangan terhadap dua sumber pendanaan yang dikelola oleh ACT dan akuntan publik.

Termasuk pengelolaan dana sosial ahli waris korban kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 senilai Rp138 miliar.

Mengenai dana ini, kata Nurul, pihak ACT tidak memberitahukan realisasi jumlah dana ke ahli waris korban termasuk nilai serta progres pekerjaan yang dikelola.

Bahkan diduga sebagian dana itu dimanfaatkan untuk pembayaran gaji ketua hingga staf Yayasan ACT.

Halaman
Reporter: Admin Info Bumn
Editor: Admin Info Bumn
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar