Ini Keunggulan Brand Lokal Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Sabtu, 20 Agustus 2022 12:09 WIB

Share
Ini Keunggulan Brand Lokal Indonesia yang Harus Kamu Tahu
Mencintai produk Indonesia merupakan salah satu bentuk local pride dan cinta tanah air. (Pexels.com/Mikhail Nilov )

INFO BUMN - Mencintai produk Indonesia merupakan salah satu bentuk local pride dan cinta tanah air. Banyak produk-produk Indonesia hasil produk UMKM yang berkualitas baik. Keunggulan brand lokal patut kita apresiasi dengan bangga menggunakannya.

Kenapa kita harus support produk lokal? Karena dengan mencintai produk lokal berarti Anda membantu UMKM dan pengusaha dalam negeri untuk bisa berkreasi dan berinovasi  menciptakan ide baru. Dengan begitu, produk yang diproduksi bisa semakin baik dan tentunya usaha mereka semakin berkembang.

Alasan Harus Membeli Produk Lokal

Berikut beberapa alasan mengapa harus menggunakan produk lokal:

1. Membantu Perekonomian Indonesia

Membeli produk lokal merupakan cara terbaik untuk ikut berperan dalam membantu perekonomian negara. Tindakan ini bisa mempercepat perekonomian Indonesia ke kondisi normal. Jika banyak yang menggunakan produk dalam negeri, tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan PDB (Produk Domestik Bruto) dalam negeri.

2. Memberdayakan Komunitas Lokal

Industri dalam negeri Indonesia, terutama yang bergerak di sektor UMKM selalu memanfaatkan bahan baku dan sumber daya lokal. Semua elemen masyarakat akan mendapatkan dampak baiknya, seperti petani, produsen, peternak, dan lainnya. Hal ini tentunya membantu negara dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Membeli produk lokal tentunya akan membantu memberdayakan komunitas lokal. Semakin banyaknya permintaan produk atau jasa dalam negeri tentu akan membuka peluang bagi komunitas lokal lebih luas. Peluang ini baik bagi masyarakat sekitar tempat produksi, maupun masyarakat lain yang berkontribusi langsung terhadap produksi produk.

3. Produk Lebih Berkualitas dan Awet

Salah satu keunggulan brand lokal Indonesia adalah kualitasnya yang baik dan awet. Anda tidak perlu ragu untuk membeli produk dalam negeri. Ada banyak pengrajin produk-produk lokal yang memiliki produk berkualitas dan tidak kalah dengan produk impor.

Produk berkualitas tersebut misalnya produk sepatu dari Cibaduyut, Bandung yang memiliki kualitas ekspor. Selain itu, masih banyak keunggulan brand lokal yang diakui dunia dengan produk lokal Indonesia yang berkualitas.

4. Meningkatkan Lapangan Kerja

Dengan menggunakan produk lokal berarti Anda turun berperan dalam peningkatan lapangan kerja di Indonesia. Jika permintaan produk lokal meningkat, tentunya akan membuka lapangan kerja baru. Setiap ada satu produsen baru makan akan menumbuhkan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

Lapangan kerja tersebut tidak hanya yang bekerja di bagian produksi, namun juga bagian operasional, pemasaran, distribusi, hingga pedagang yang menjual produk.

Halaman
Reporter: Admin Info Bumn
Editor: Admin Info Bumn
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar